Tubuh manusia tidak dirancang untuk bekerja seumur hidup. Ada masa ketika tubuh harus diistirahatkan. Secara umum, usia ini berkisar antara 55 hingga 65 tahun.  Masa-masa ini disebut dengan masa Purnabakti atau pensiun.

Masa Pensiun dini atau Purnabakti bisa jadi merupakan masa yang dinantikan oleh banyak karyawan, terbebas dari rutinitas pekerjaan sehari-hari, mewujudkan mimpi yang tertunda, dan menikmati waktu dengan lebih berkualitas bersama keluarga.

Masa Purnabakti juga bisa menjadi salah satu solusi pilihan untuk karyawan mewujudkan impian yang telah lama terpendam, menjadi seorang profesional ataupun wiraswasta setelah dirinya memasuki masa pensiun.

Pertanyaannya adalah: “Masa Purnabakti seperti apa yang ingin kita nikmati?”

Data menunjukkan 65% pensiunan di Indonesia tidak mampu mencukupi ke-butuhan hidupnya sehari-hari. 60% dari para pensiunan hanya mengandalkan Jamsostek sebagai pengaman mereka saat pensiun. Lebih dari 48% meng-alami guncangan ekonomi setelah pensiun (karena lemahnya manajemen keuangan yang dimiliki) disebabkan karena ke-salahan pengaturan keuangan, tertipu, dan lain sebagainya. Hanya 21% yang tahu berapa besar uang pensiun yang harus dibutuhkan saat mereka pensiun kelak. 

“Bagaimana dengan Anda?”

Jawabannya: Persiapan tersebut salah satunya dapat berupa pelatihan yang akan menjadi bekal yang tepat saat memasuki masa Purnabakti. Untuk itu, kami mendesain pelatihan sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan para karyawan dalam memasuki masa Purnabakti.

Tag : pensiun | purnabakti | pelatihan persiapan menghadapi masa pensiun | public training untuk calon pensiunan |

Artikel lainnya »