Artikel yang kami sajikan adalah pemahaman dan implementasi manajemen modern yang sangat dibutuhkan untuk membangun perusahaan agar menjadi perusahaan yang besar yaitu menjadi High Performing Organization (HPO). Artikel ini menjelaskan beberapa manfaat dan keunggulan dari tools manajemen terbaru dan terupdate. 

diposkan pada : 12-01-2019 14:34:00

Ibarat dua pedagang air. Keduanya mengambil dari sumber air yang sama yaitu jauh di bukit. Adalah kisah lama, dua saudara yang namanya TIMBO dan PIPO. Apa yang dilakukan kedua saudara ini untuk mengambil air di atas bukit itu.

Timbo mengambil air dari bukit dengan menggunakan ember yang dipikul, jauh dari bukit turun ke desa tempat Depo air yang dia punya. Setiap air yang dia bawah turun selalu laku dan tidak tersisa. Maka sebentar saja dia mengumpulkan banyak uang.

Sedangkan Pipo mempunyai cara yang berbeda dengan Timbo, dia tidak langsung ambil air akan tetapi membeli pipa dan alat untuk membuat saluran pipa yang menghubungkan sumber air ke penampungan air di depo yang dia bangun. Berbeda dengan Timbo yang dari awal kerja sudah bisa menghasilkan uang, sedangkan Pipo belum dapat omzet sama sekali karena tidak ada air yang dia dapatkan. Si Pipo hanya focus bikin saluran air.

Enam bulan kemudian, apa yang terjadi?

Timbo tetap menjalankan rutinitas dari pagi hari sampai sore hari memikul air dari bukit turun ke desa untuk dijual. Sedangkan Pipo saluran airnya sudah selesai 3 bulan yang lalu dan air siap ditampung dan dijual ke penduduk desa.

 

Sejak itu Pipo dengan mudah mendapatkan air, cukup buka keran tidak perlu pikul ember naik turun bukit. Pelanggan lebih suka dengan air Pipo karena lebih bersih dan terjamin pasokan airnya. Maka pundi-pundi uang mulai memenuhi tabungan Pipo.

Apa yang terjadi dengan Timbo, badannya semakin lemah tenaganya tidak sekuat dulu. Air yang dia dapatkan tidak sebanyak pada awal usaha dan pelanggan mulai berkurang pindah ke Pipo. Mulai sakit-sakitan dan tabungan dari jerih payah usahanya mulai terkuras habis.

Nah… Timbo adalah gambaran pengusaha yang menjalankan usaha tanpa Sistem (SOP). Sedangkan Pipo adalah pengusaha yang menjalankan dengan Sistem.

Bagaimana dengan Anda? Mau pilih nasib seperti Timbo atau Pipo?

 

*Mungkin Anda sekarang merasa sakit saat membangun sistem untuk bisnis Anda, tapi ketahuilah sungguh bahagia ketika hasilnya kelak kita nikmati.

*Dapatkan Informasi mengenai Sistem Auto Pilot dari PT. Inovasi Sigma Perkasa

Informasi Lebih Lanjut Silahkan Hubungi

inovasisigma.net

=====================================================================================

 
Artikel lainnya »

Artikel lainnya »