Artikel yang kami sajikan adalah pemahaman dan implementasi manajemen modern yang sangat dibutuhkan untuk membangun perusahaan agar menjadi perusahaan yang besar yaitu menjadi High Performing Organization (HPO). Artikel ini menjelaskan beberapa manfaat dan keunggulan dari tools manajemen terbaru dan terupdate. 

diposkan pada : 30-03-2017 14:08:26

Apa itu Assessment Center? Mengapa diperlukan Asessment Center? Dua pertanyaan ini pasti bisa Anda jawab jika Anda akan menghadapi sebuah test bernama Assessment center karena tidak mungkin Anda diundang untuk mengikuti sebuah kegiatan tanpa memahami apa yang akan Anda ikuti tersebut. Secara sederhana nya, Assessment Center adalah sebuah test untuk melihat potret perilaku kita dengan basis kompetensi. Test ini dilakukan pada umumnya adalah untuk mencari seseorang yang layak untuk naik posisi karena memiliki kompetensi yang sudah sesuai dengan posisi jabatan. Pertanyaan berikutnya? Bagaimana jika tidak ada satupun yang lulus dari semua kandidat yang mengikuti test Assessment Center ini? maka hal ini menjadi PR bersama, yaitu bagaimana mendevelopt orang yang terbaik diantara yang mengikuti test ini, artinya menjadikan dia lulus dan boleh menduduki posisi yang baru dan lebih tinggi dengan sebuah persyaratan bahwa dia akan mendelveopt dirinya dan perusahaan mendukung hal tersebut. Atau bisa juga perusahaan menjamin akan memberikan pelatihan dan Coaching agar si kandidat yang lulus ini bisa mendapatkan kompetensi yang lebih baik dengan bantuan Pelatihan dan Coaching yang sudah disiapkan oleh perusahaan, termasuk memberika bantuan Biaya Pendidikan (Kuliah). 

Bagaimanakah solusi terbaik untuk mempersiapkan diri agar lebih siap menghadapi Asessment Center? Bayangkan ada sebuah akuarium dan Anda yang di test, misalnya adalah Ikan di dalam akuarium tersebut, maka Asesor yang akan mengetes tidak boleh masuk ke dalam akuarium tersebut dan Asesor sebagai sebuah Team, biasanya lebih dari 3 orang, hanya bisa melakukan Observasi. Jadi Solusi terbaik mempersiapkan Assessment Center ini adalah bergantung kepada sikap dan perilaku yang telah Anda lakukan selama ini, misalnya selama 1 tahun terakhir ini. Ingat dengan baik, apa yang Anda lakukan ketika Anda meng Coaching team Anda, misalnya seminggu sekali, apa saja peristiwa yang terjadi, ingat saja akan hal tersebut dan jika ditanya, jawab saja berdasarkan ingatan dan kejadian yang sesungguhnya dan jangan pernah berbohong. Jadi kunci pertama adalah menceritakan peristiwa dengan bersemangat tanpa ada kebohongan. Anda tidak diperkenankan sama sekali untuk merekayasa cerita dan jangan pernah menggunakan kata Kami, gunakanlah kata Saya. Jika Anda pernah mengikuti pelatihan Behavioral Event Interview, ada metode bernama STAR, maka Anda sedang di gali dengan metode ini yaitu STAR nya yang harus Anda berikan. Apa itu STAR? STAR adalah singkatan dari Situasi, Task Action dan Result. Jadi jelaskan semua peristiwa tersebut dengan jelas Situasinya kapan dan dimana, Apa Task dan Action Anda dan kemudian apakah Result dari Action tersebut. Gagal pun dari sebuah kejadian, itu adalah Result, ceritakan saja kegagalan Anda, tidak usah berbohong dan tidak perlu berbohong. 

Alat perrtama yang saya jelaskan adalah Behavioral Event Interview. Alat kedua yang ingin saya jelaskan adalah Leaderless Group Discussion. Apa itu LGD? dari namanya saja, kita bisa menafsirkan bahwa Leaderless, tidak ada leader. Ini adalha sebuah simulasi kerja kelompok dimana Anda tidak sama sekali diberikan instruksi untuk memilih pemimpin di dalam kelompok tersebut, namun secara alamiah ketika Anda terbiasa menjadi komandan, atau mendominasi, atau terbiasa nyuruh-nyuruh maka secara alamiah hal tersebut akan muncul dan jangan ditahan. Jika Anda diam saja, tidak menunjukkan karakter Leadership Anda, maka bukan ini cara yang tepat. Cara yang tepat, jadilah diri Anda sendiri, jika suka berbicara, jangan ditahan. JIka suka meng inspirasi, maka lakukanlah, jika suka Mendominasi maka lakukanlah. Tidak ada perilaku yang bisa Anda tahan. Justru semakin Anda mau jadi orang baik yang diam saja, maka alat test ini akan menggambarkan diri Anda yang baru dan hasilnya justru akan menjadi tidak baik, karena Anda mencoba memodifikasi perilaku Anda. Jangan pernah memodifikasi perilaku Anda hanya karena ingin lulus dalam ujian ini. Jadilah diri Anda sendiri dan jangan pernha menjadi diri orang lain. 

Alat Tes lainnya yang ingin saya jelaskan adalah In Basket (keranjang). Ini adalah sekumpulan memo atau kertas memo, dimana Anda harus memberikan keputusan terbaik yang memang harus Anda lakukan ketika tanggung jawab atau amanah jabatan untuk naik level memang layak Anda dapatkan. Konflik yang biasanya terjadi adalah kepentingan pribadi dan kepentingan perusahaan. Maka jika Anda naik jabatan, tentu Anda harus lebih loyal kepada perusahaan daripada Anda yang sekarang. Tapi lakukanlah sebatas yang memang mungkin Anda akan lakukan. Jangan mencoba melakukan hal yang mustahil. Tapi logika berfikir sangat ditajamkan di dalam test ini. Gunakan Logika Berfikir Anda, Gunakan Loyalitas Anda dalam bekerja dan Gunakan juga kemampuan Problem Solving dan Decision Making Anda dengan sebaik-baiknya. Biasanya semua alat test ini diberikan dengan durasi waktu yang sangat ketat dan cepat. Sehingga jangan pernah merasa bahwa menjadi orang yang lambat di perbolehkan di dalam perusahaan Anda. Sejak pertama kali Anda bekerja di perusahaan Anda ini pun, sesungguhnya tidak pernah boleh bekerja lambat, berfikir lambat, tidak memiliki tanggung, jawab, tidak memiliki initiative. Hal itu jelas tidak dibenarkan. Jadi, jika Anda merasa IQ Anda kurang dan tidak merasa mampu menjawab semua tantangan didalam Assessment Center ini, maka semua itu akan bisa terbaca dan hal ini harus diperbaiki dari dalam diri Anda sendiri dan dari perilaku setiap hari, bukan diubah dalm waktu hanya 3-4 hari saja. Jadi, apapun persiapan yang Anda lakukan untuk bisa lulus di dalam sebuah test Assessment Center, pada akhirnya akan kembali kepada diri Anda hari ini. 

Kesimpulan dari Assessment Center adalah bukan test seperti test IQ atau test ketika kita ikut UMPTN atau EBTANAS yang bisa kita hafalkan teorinya, bagaimana cara menjawabnya. Bukan demikian. Ini adalah cermin dan potret dari kemampuan Leadership yang memang sudah di implementasikan dalam durasi waktu yang cukup lama (bukan 1 minggu), dan ini berasal dari sumber Motivasi di dalam diri kita. Maka nyalakan api semangat dan potensi besar yang ada pada dirimu, walaupun posisi mu hari ini belum sesuai dengan harapanmu. Jadilah Leaders yang terbaik dari setiap hari nya maka langkah-langkah kecil tersebut akan mennjadi Kompetensi yang melekat pada diri yang ketika di Potret kapanpun , Anda memang siap untuk melesat. Selamat berjuang menularkan inspirasi positif di tempat kita bekerja. Ini hanya sekelumit cerita yang bisa kami bagikan dan tentu akan menjadi lebih baik lagi jika Anda merasakan sendiri process Assessment Centre ini. 

=============================================================================================

Jasa Konsultan HRD | SDM | SOLUSI TRAINING and CONSULTING konsultanhrd.co.id/28 Agt 2016 - Jasa Konsultan HRD SDM Terbaik di Jakarta dan Sekitarnya. Hubungi HASAN : 0818-0644-9683 (Telp/SMS). Kami BERPENGALAMAN dan Anda telah mengunjungi laman ini 3 kali. Kunjungan terakhir: 25/02/17 PT.HRD Forum (1) · Konsultan Sumber Daya Manusia Kota Tangerang Selatan, Banten · (021) 7355648Buka hingga 17.00 SITUS WEB Paramartha HRD Consultant (2) Konsultan Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta · (021) 8500595 Buka hingga 17.00 Jasa Konsultan HRD & Tarif Biaya Konsultasi HR | HRD Forum www.hrd-forum.com › Article 9 Mar 2016 - Banyak Jasa konsultan HRD di Jakarta, Bandung, surabaya, yogyakarta, bali, balikpapan, samarinda, pontianak, lombok biaya jasa konsultasi Jasa Konsultan SDM, Konseling & Pendampingan | - pelatihan SDM pelatihan-sdm.net/jasa-konsultan-sdm-konseling-pendampingan/Jasa Konsultan SDM, Konseling & Pendampingan untuk peningkatan kualitas dan kapabilitas SDM perusahaan.Konsultan Manajemen SDM,HRD,Human Resource Management konsultan-manajemen.com/Konsultan ISO Sistem Manajemen Mutu,HR Capital Consultants,ISO9001,HRD,SDM,SOP,ISO14001,ISO22000,ISO50001,FS,Feasibilty Study,Bisnis Plan.

Konsultan Bisnis,SOP,HRD,Manajemen HR,HRM Consultant konsultan-bisnis.com/31 Mei 2016 - SIENConsultant adalah Konsultan Bisnis,SOP,HRD,Manajemen HR,HRM Consultant,Pelatihan SDM,Provider Training ISO,5S,Audit Internal,Lowongan Kerja konsultan, hrd tersedia hari ini di JobStreet - Quality Candidates, Quality Employers, 20880 lowongan.JASA KONSULTAN HR MANAGEMEN Telp/Wa +www.dpkonsultan.com › HR Management Peran Jasa Konsultan HR (Human Resource) Mampu Mewujudkan,aryasentraconsulting.com/.../peran-jasa-konsultan-hr-human-resource-mampu-mewujJasa Konsultan Manajemen Bisnis, Consultant ISO, SOP, Konsultan HR ... Dalam suatu perusahaan, posisi HRD (Human Resource Development) sangat Jasa Konsultan HRD di Jakarta - Indotrading.com https://www.indotrading.com/jakarta/services/konsultan-hrd/Jasa Konsultan HRD murah dan berkualitas. Cari Jasa yang ahli dan berkualitas Jasa Konsultan HRD di Jakarta.Konsultan SDM | Trimitra Konsultan Manajemen www.trimitra.com/indo/tag/konsultan-sdm/Para Konsultan Senior kami adalah mantan eksekutif puncak dan eksekutif senior yang memiliki tingkat kompetensi yang tinggi dan pengalaman luas dalam Penelusuran yang terkait dengan konsultan hrd konsultan sdm terbaik di Indonesia,konsultan hrd terbaik,konsultan hrd di Jakarta,biaya jasa konsultan bisnis,biaya konsultan sdm, jasa konsultan manajemen sdm cara menjadi konsultan manajemen

 

 

Artikel lainnya »

Artikel lainnya »