JASA HRD EXPERT

 PELAYANAN FAST RESPON
       Hubungi Kami : 
       E-mail : inovasisigma@gmail.com
       Alamat : Jakarta, 12870 DKI Jakarta - Indonesia
       Download :  

Membangun Sistem HRD yang kuat

Bagaimana caranya membangun sistem HRD yang kuat? Apakah pentingnya memiliki sistem HRD yang kuat ?

Dua pertanyaan tersebut akan kita uraikan dalam jawaban sebagai berikut. 

Sistem HRD yang kuat akan menyebabkan perusahaan bisa berjalan secara Otomatis. Maka sebagai Pengusaha, Anda tidak perlu lagi datang membuka toko lebih pagi dari karyawan Anda dan pulang lebih larut malam kemudian ketika akhir bulan, gajian hanya bisa diberikan kepada karyawan dan tidak ada gaji yang bisa Anda bawa pulang sebagai owner karena gajinya tidak ada. 
Inilah dilema yang harus dirasakan sebagai pengusaha. Pahitnya akan terus berjalan sampai Anda mau berkorban sekali lagi untuk membangun sistem HRd yang kuat sehingga Anda tidak perlu terus menerus melakukan hal diatas. 
Lalu, jika Anda sudah bisa merasakan profit atau laba yang baik, belum tentu bermakna bahwa Anda sudah tidak perlu lagi membangun sistem HRd dan tidak perlu juga berfikir bahwa sistem HRd yang akan dibangun hanya menghabiskan uang saya membayar konsultan HRD dan itu artinya mengurangi profit yang bisa saya rasakan. 

Faktor biaya dalam membangun sistem HRd, bisa Anda keluarkan hari ini, atau 10 tahun lagi, sama saja. Anda akan keluarkan biaya tersebut. Kecuali Anda belajar ilmu hRd dan berusaha menjadi ahli HRd juga dan itu juga butuh biaya yang tidak sedikit . 
Membangun sistem HRD adalah sebuah upaya membangun Otomatisasi atau Sistem yang kuat di dalam sebuah Perusahaan dan bisa juga bermakna bahwa Anda ingin naik level menjadi perusahaan yang lebih besar lagi. 
Bagaimana caranya membangun sistem HRD yang kuat ?

 

  1. Pahami bisnis proses dan tuliskan.
  2. Buatlah SOP dan sosialisasikan kepada semua karyawan. 
  3. Buat Struktur Organisasi, Job Desk dan KPi
  4. Buatlah Manager Anda memiliki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan jabatan. Anda harus memiliki manager bukan hanya Supervisor. 
  5. Buatlah Kamus kompetensi, Peta Kompetensi Jabatan dan lakukan Assessment Center.
  6. Bangunlah sistem recruitment, artinya ada ahli recruitment di kantor Anda walaupun jabatan nya dia merangkap sebagai finance. 
  7. Bangunlah sistem Training disertai kurikulum pada semua pelatihan yang menjadi mandatori di kantor Anda. Dan termasuk semua jenis pelatihan yang harus nya diberikan, dibuatkan kurikulum pelatihan nya. 
  8. Bangunlah sistem Penggajian yang sesuai dengan peraturan pemerintah. 
  9. Buatlah Peraturan Perusahaan dan kontrak kerja dengan karyawan. 
  10. Daftarkan ke Jamsostek semua karyawan Anda. 
  11. Buatlah Budaya Perusahaan, jalankan Budaya Perusahaan tersebut setiap hari. 
  12. Bangunlah sistem Karir sehingga calon karyawan Anda menjadi lebih yakin dengan Perusahaan Anda ini. 
  13. Bangunlah sistem Performance yang kuat. 
  14. Jalankan hubungan industrial dengan baik. Kalau karyawan sudah banyak, akan dimungkinkan memiliki serikat pekerja. 

Setelah itu, pastikan Anda memiliki HRD Manager yang handal untuk bisa menjalankan 14 hal tersebut diatas atau gunakan Konsultan HRD (Program Jasa HRD Expert)

Semoga hal ini membantu Anda untuk mempercayakan upaya membangun Sistem HRD kepada ahlinya.

Sejak kapan kita perlu membangun sistem di perusahaan  kita?  Tentu saja kita perlu membangun sistem secara bertahap sejak kita bisa mendapatkan profit dan memiliki karyawan diatas 2 orang.  Pada saat karyawan hanya kita sendirian,  maka sistem ada di kepala Owner dan belum dituliskan. Ketika karyawan kita satu orang,  mulai lah menuliskan secara parsial dalam bentuk informasi ada jam kerja,  ada disiplin masuk kerja dan ada peraturan lainnya yang coba untuk dituliskan namun belum menjadi sebuah sistem.

Ketika karyawan kita bertumbuh menjadi 2 orang, mulai dirasakan perlu menuliskan peraturan tersebut agar persepsi antara satu orang dan yang lainnya menjadi sama.  Kemudian tentu kita ingin profit perusahaan terus bertumbuh, produk yang dijual lebih bervariasi dan perlu adanya pemahaman mengenai Business Process, dan akhirnya dibangunlah sebuah sistem Manajemen  SDM yang kuat.  Awalnya,  kita perlu melakukan pembenahan dalam sistem Recruitment misalnya.  Bolehkah seseorang di Recruit tanpa melalui Process Recruitment karena dia adalah teman atau tetangga.  Jika hasil Recruitment menyatakan dia tidak lolos proses nya,  maka tidak ada yang bisa merubah keputusan tersebut karena sistem nya yang memutuskan bahwa seseorang lulus atau tidak lulus.  Kemudian ada kontrak kerja atau masa percobaan,  maka sistem nya mengatakan seperti apa.

Proses selanjutnya, misalnya adalah sistem penilaian kinerja,  maka siapapun dia,  apapun jabatan nya dia,  jika dia tidak mendapatkan penilaian kerja yang bagus,  maka tidak akan membuat dia berhak atas bonus kinerja.  Sistem HRD  ada dua hal secara garis besar atau 2 sayap yaitu sistem berbasis kinerja dan sistem berbasis kompetensi.  Jika sistem berbasis kinerja dijalankan maka pada saat yang sama sistem berbasis kompetensi juga dijalankan.  BOBOT nya bisa 70 persen lebih berat kepada basis kinerja daripada basis kompetensi (30 persen).  Intinya kedua sayap ini dibutuhkan, walaupun bobot nya bisa berbeda.  BAGAIMANA jika perusahaan BUMN yang bisnisnya berbasis proses dan tidak terlalu menekankan kepada result​ oriented, maka bobot yang biasanya dibuat lebih besar adalah Basis kompetensi karena semua karyawan tidak merasa nyaman jika dinilai secara result  oriented dan mereka sangat nyaman jika semua orang harus mendapatkan  Development atau Dibimbing untuk meningkatkan kapasitasnya.  Adapun di perusahaan swasta yang sangat dinamis pergerakan bisnisnya,  maka pemilik perusahaan akan cenderung memberikan bobot yang besar pada Basis Kinerja karena seseorang yang bisa berkinerja tinggi dianggap adalah STAR  nya perusahaan,  adapun basis Kompetensi adalah untuk menopang saja agar kedua sayap tetap ada dan memang tetap dibutuhkan.

Bayangkan saja,  jika sebuah perusahaan mengharapkan Profit yang besar,  yaitu dengan kinerja karyawan yang tinggi namun pada saat karyawan berkinerja,  ternyata dia tidak mampu menyelesaikan targetnya karena dia adalah tipe karyawan yang perlu di bimbing dan belum punya kompetensi untuk menyelesaikan tugas di dalam Kpi nya tersebut.  Maka hasilnya adalah KPi nya tidak pernah mendapatkan nilai bagus karena memang basis kompetensi nya tidak memadai. 

Membangun sistem HRD ternyata tidak mudah.  Tidak bisa dilakukan juga sendirian.  Maka pada umumnya, perusahaan memiliki HRD Manager untuk melakukan hal tersebut.  Dan terkadang,  seorang HRD Manager pun tidak punya kemampuan membangun semua sistem HRD tersebut,  sehingga masih memerlukan peran dari Konsultan HRD untuk membantu membangunkan sistem nya.  

Konsultan HRD ini berfungsi membangun sistem HRD dari awal proses yaitu membuatkan sistem Balanced Scorecard,  bagi perusahaan yang membutuhkan hal tersebut, ATAU bisa juga langsung pada turunan dari hal ini yaitu Key Performance Indikator nya setiap jabatan.  Sistem Manajemen SDM berbasis kompetensi meliputi membuat Model Kompetensi, termasuk Kamus Kompetensi dan Standard Kompetensi Jabatan. Dari kedua sistem ini,  maka akan menghasilkan sebuah laporan atau alat ukur yang disebut Human Asset Value Mapping.  Setelah hal ini dilakukan maka akan dibuat juga Talent Pool (untuk perusahaan besar).  Sistem lainnya yang harus dilakukan adalah Membuat Perencanaan HRD selain membuat HR Scorecard (Balanced Scorecard)  yaitu Man Power Planning.  Tahapan selanjutnya adalah melakukan Assessment Center.

Dan Sistem selanjutnya adalah membuat Sistem Reward Management (Remuneration).  Dan tentu ada lagi sistem yang juga tidak bisa ditinggalkan yaitu Hubungan Industrial termasuk Employee Relation.  Semua sistem ini akan diajarkan dalam pelatihan 4 hari bernama Human Resource Professional Certification.  Kami dari PT Inovasi Sigma Perkasa ini menawarkan pelatihan ini dilengkapi dengan Sertifikasi Profesi sebagai HRD


Terimakasih Telah Mengunjungi Website Kami
JASA HRD EXPERT Inovasi Sigma JASA HRD EXPERT Lengkap JASA HRD EXPERT Terpercaya JASA HRD EXPERT Berpengalaman JASA HRD EXPERT Terbaik Pelayanan HRD EXPERT Inovasi Sigma Pelayanan HRD EXPERT Lengkap Pelayanan HRD EXPERT Terpercaya Pelayanan HRD EXPERT Berpengalaman Pelayanan HRD EXPERT Terbaik Sistem HRD EXPERT Inovasi Sigma Sistem HRD EXPERT Lengkap Sistem HRD EXPERT Terpercaya Sistem HRD EXPERT Berpengalaman Sistem HRD EXPERT Terbaik Jasa Konsultasi HRD EXPERT Inovasi Sigma Jasa Konsultasi HRD EXPERT Lengkap Jasa Konsultasi HRD EXPERT Terpercaya Jasa Konsultasi HRD EXPERT Berpengalaman Jasa Konsultasi HRD EXPERT Terbaik JASA HRD EXPERT Lengkap

Artikel lainnya »